PAPs UGM

PENGALAMAN MENGIKUTI UJIAN PAPS UGM 2017


          Hallo teman-teman semua. Postingan kali ini aku ingin membagikan pengalaman aku mengikuti tes PAPs UGM. Apasih PAPs UGM itu? PAPs adalah kepanjangan dari Potensi Akademik Pascasarjana. Teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3, bahkan ingin menjadi Dosen, terlebih lagi di UGM, salah satu syarat pendaftarannya adalah melampirkan hasil/sertifikat skor tes PAPs ini. Namun, untuk tes PAPs ini tidak hanya dari UGM, ada juga yang diselenggarakan oleh Bappenas. Untuk info dari Bappenas bisa cek di website mereka ya.


          PAPs ini diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi UGM. Dalam sebulan, tes PAPs ini diselenggarakan dua kali, dengan jarak tes awal dan kedua biasanya sekitar 2 minggu. Untuk jadwal ujian tes nya bisa kalian lihat di web upap psikologi UGM. Selain itu alur pendaftarannya juga ada disana kalau kalian lihat.


          Pendaftaran untuk ikut tes PAPs UGM ini secara online. Ini sangat memudahkan para peserta yang tidak domisili jogja dan tidak harus bolak-balik untuk mendaftar dan mencetak kartu ujiannya. Sebelum melakukan pendaftaran, kalian di haruskan untuk membayar biaya tes terlebih dahulu. Biaya pendaftaran tesnya bisa di lihat di websitenya dan pada saat aku mendaftar kurang lebih harganya 150ribu. Semoga belum ada perubahan biaya tes nya ya. Setelah melakukan pembayaran, nanti kalian diberi nomor induk dan password. Nah, No induk dan password itu digunakan untuk login di website paps ugm dan mengisi biodata untuk pendaftaran tes tersebut.


          Setelah login, kalian hanya diberi waktu kurang lebih 3 menit untuk mengisi data/identitas dan untuk keperluan apa kalian mengikuti ujian PAPs ini. Jadi pastikan internet kalian pada saat mendaftar pun dalam keadaan baik. Setelah mengisi data identitas, nantinya kalian akan diberi kartu ujian dan album panitia. Ini bisa kalian dapatkan/cetak setelah hari pendaftaran berakhir. Biasanya sih keesokan hari nya setelah hari pendaftaran terakhir. Pada saat hari H (hari ujian), jangan lupa pastikan bawa pensil 2B, penghapus karet, kartu ujian dan album panitia yang sudah ditempel dengan foto 3x4 berwarna serta kartu identitas.


Bagaimana ujiannya?
Ujiannya sama seperti ujian SNMPTN (melingkar buletan). Menurut aku, ujiannya tidak terlalu sulit. Hampir sama dengan soal TPA saat ujian SNMPTN. Sulit dan gampang itu relatif ya. Setiap orang memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Namun, kalau kalian sudah sering latihan soal, maka soal TPA di ujian PAPs ini tidaklah sulit.



Dimana bisa mendapatkan soal-soal ujian TPA?
Kalian bisa mendapatkan kisi-kisi di internet. Banyak sekali web yang membahas mengenai soal-soal tes TPA, selain itu kalian juga bisa membeli buku latihan soal TPA di setiap toko buku dan biasanya sudah dilengkapi dengan tipe soal ujian yang sering keluar seperti di ujian PAPs dan ujian TPA di Bappenas.

LINK :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

PENGALAMAN NAIK MRT JAKARTA

Catatan kecil : Malaysia Travel Story