TIPS MENABUNG ALA DILLA

How to Save your Money ala Dilla

Hello everyone. Welcome back to my blog. Bagi kalian, cewek-cewek dan para cowok-cowok, pasti pernah mengalami yang namanya menginginkan suatu barang atau travelling kesuatu lokasi tapi budget nya belum bisa kekumpul. Nah aku punya beberapa tips untuk kalian. Mau ikutan cara nabung ala Dilla ngga?

Kalau mau, aku bakalan ngasih tipsnya. Aku berharap tips cara menabung ini bisa membantu kalian.

Here is the tips :
  • ·         Buatlah buku catatan pengeluaran sehari-hari

Ini adalah cara yang paling mudah dan sering dilakukan. Buku catatan pengeluaran ini akan membantu kalian untuk mengontrol keuangan kalian. Setiap harinya kalian akan dapat merinci apa saja kegiatan kalian yang menggunakan uang dan kemana saja habisnya uang kalian. Cara ini cukup efektif untuk mengontrol keuangan karena kalau kalian menilai sudah terlalu banyak menghabiskan uang untuk hal yang tidak diperlukan, maka kalian mulai bisa berhemat mungkin dengan mengurangi kongkow a.k.a nongkrong yang ngehabisin uang atau mengurangi membeli barang-barang yang belum terlalu diperlukan.

  • ·         Tabungan Berencana

Tabungan berencana (?), kaya customer service bank aja ya kata-kata yang aku pakai HAHA
Jadi ini konsepnya adalah menyisihkan uang jajan kalian, namun tidak sekaligus kalian sisihkan diawal pada saat kalian menerima gaji a.k.a uang jajan dari orang tua. Ada beberapa cara untuk menerapkan tabungan berencana ini, yaitu :

Ø  CARA I.
Dalam sebulan ada 30 hari, dalam 30 hari ini kalian bagi menjadi tiga tingkat perencanaan.

Nah, pembagiannya terserah menurut kalian seperti apa yang penting terbagi menjadi tiga kelompok perencanaan. Contohnya tanggal 1-10 (tingkat I), tanggal 11-20 (tingkat II), dan tanggal 21-30 (tingkat III). Nah setiap tingkat kalian menabung dengan perencanaan keuangan yang kalian setujui untuk perharinya kalian sisihkan. Contohnya :
Tingkat I perharinya 5ribu rupiah, nah kalau 5ribu ini disisihkan selama 10 hari (tgl 1-10 setiap bulannya), maka akan terkumpul 50rb
Tingkat II perharinya 10ribu rupiah, nah kalau 10ribu ini disisihkan selama 10 hari (tgl 11-20), maka akan terkumpul 100ribu.
Selanjutnya tingkat III perharinya 15ribu rupiah, nah kalau 15ribu ini disisihkan selama 10 hari (tgl 21-30), maka akan terkumpul 150rb.
Maka dalam Sebulan kalian akan menabung sekitar 300ribu rupiah (tabungan tingkat I + tingkat II + tingkat III).

Ini hanya contoh yang aku buat, tidak harus diikuti karena tergantung kalian bisa menyisihkan perharinya berapa. Yang terpenting dalam menabung adalah KONSISTEN. Jika tidak bisa menyisihkan dengan sesuai tingkat yang telah kalian atur, setidaknya sisihkan lah seharinya itu nilai minimal yang kalian buat di tingkat I.

Ø  CARA II
Cara menabung ini adalah skala dua bulan.
Dalam dua bulan ada 60 hari, dalam 60 hari ini kalian bagi menjadi 8 (delapan) tingkat perencanaan. Pembagiannya dilakukan per minggu karena setiap bulan setidaknya ada 4 minggu.

Pembagian penyisihan uangnya seperti ini :
Minggu I uang yang disisihkan Seribu, 1000 x 7 hari maka akan terkumpul 7ribu.
Minggu II uang yang disisihkan 2ribu, 2000 x 7 hari maka akan terkumpul 14ribu.
Minggu III uang yang disisihkan 3ribu, 3000 x 7 hari maka akan terkumpul 21ribu.
Minggu IV uang yang disisihkan 4ribu, 4000 x 7 hari maka akan terkumpul 28ribu.
Minggu V uang yang disisihkan 5ribu, 5000 x 7 hari maka akan terkumpul 35ribu.
Minggu VI uang yang disisihkan 6ribu, 6000 x 7 hari maka akan terkumpul 42ribu.
Minggu VII uang yang disisihkan 7ribu, 7000 x 7 hari maka akan terkumpul 49ribu.
Dan pada minggu VIII uang yang disisihkan 8ribu, 8000 x 7 hari maka akan terkumpul 56ribu.
MAKA, uang yang terkumpul dalam 2 bulan adalah 252ribu.


Ø  CARA III
Hal ini sama dengan yang pertama dengan konsep bulanan yaitu dilakukan selama 30 hari dalam sebulan. Namun konsep menyisihkan uangnya sedikit berbeda. Menabung dengan cara yang kedua adalah tabungan perencanaan bertingkat. Setiap harinya kalian menyisihkan uang sesuai dengan tanggalnya.

Contohnya :
Tanggal 1 kalian menabung seribu, tgl 2 kalian menabung 2ribu, tgl 3 menabung 3ribu, terus sampai hari ke 30 kalian menabung 30rb. Nah jika kalian menerapkan cara menabung bertingkat ini, kalian akan mengumpulkan sekitar 465ribu (Hampir 500ribu lho!!). Namun hal ini hanya contoh ya teman-teman. Kalau mau di ikuti dan kalian sanggup untuk memenuhinya monggo dilaksanakan. Jika tidak, sama seperti cara yang pertama, setidaknya perharinya kalian menyisihkan uang dengan nilai minimal yang kalian atur untuk disisihkan.

  • ·         Membuka rekening tabungan di Bank, khusus untuk tabungan berencana.

Nah setelah kalian menabung dengan cara-cara diatas, bukalah buku tabungan sendiri di Bank manapun yang kalian pilih untuk menyimpan uang tabungan kalian. Dan kalian harus konsisten untuk tidak menggunakan uang ini disaat kalian ingin membeli/melakukan hal yang tidak berguna atau belum bermanfaat. Uang ini bisa kalian gunakan disaat kalian ingin membeli sesuatu, atau ingin traveling ke tempat tujuan dengan tanpa meminta uang dari orang tua. Kita berusaha untuk menjadi lebih mandiri dan bijak menggunakan uang jajan. Selain itu, uang ini juga bisa kalian gunakan untuk keperluan yang mendesak di tempat studi kalian (sekolahan, kampus ataupun ditempat kerja).

Noted :
Inti dari tips menabung ini adalah kekonsistensian kalian dalam melakukan kegiatan menabung teman-teman. Jika kalian konsisten dalam hal menabung, keinginan kalian bisa diwujudkan tanpa merasa terbebani!


SEKIAN DULU TIPS MENABUNG ALA DILLA
Jika ada saran, kritik dan komen silahkan tulis di kolom komen dibawah dan jangan ada komentar sara.
Terimakasih.
Sampai Jumpa di Postingan berikutnya!


-DILLA-

Komentar

  1. Terimkasih infonya. Jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2OZLaHI

    BalasHapus
  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin tabungan, ternyata ada loh beberapa pengeluaran yang sebenarnya ga berguna dan itu bisa menguras isi tabungan kamu. Penasaran pengeluaran apa aja itu? Yuk, cek di sini: Pengeluaran yang kuras tabungan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review : Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

PENGALAMAN NAIK MRT JAKARTA

Catatan kecil : Malaysia Travel Story